Perencanaan
dan Pengembangan E-Business
Dalam
membangun sistem e-Business buka hanya mengkomputerisasi SI bisnis
yang kemudian dihubungkan ke Internet. Jika pemahaman itu yang menjadi landasan
dalam membangun sistem e-Business, maka sistem itu sulit untuk bertahan.
Sehingga
dibutuhkan Dorongna seperti :
- Adanya
keinginan yang kuat dan konsisten untuk membangun hubungan langsung dengan
konsumen.
- Pembangunan
Jaringan Komunitas.
- Perluasan
pasar.
- Masuk
era persaingan global
Yang dibutuhkan dalam
Pembentukkan Sistem E-Business
- Mendayagunakan
komputer personal, jaringan komputer dan Internet seoptimal mungkin.
- Membangun
halaman web untuk jalinan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen
secara efektif dan fleksibel.
- Membangun
SI e-Business yang efektif.
Tahap – Tahap Pembentukkan Sistem
E-Business
- Tahap
Perencanaan E-Business
- Memahami
permasalahan yang muncul dan mendefinisikan secara rinci.
- Merumuskan
kasus-kasus bisnis yang ingin diselesaikan.
- Mengestimasikan
total investasi yang akan disediakan.
- Rencana
aksi yang konkrit.
- Tahap Analisis E-Business
Menurut Mc.Leod terdapat 6 dimensi kelayakan :Kelayakan
teknis, Pengembalian ekonomis, Pengembalian non-ekonomis, Hukum dan etika,
Operasional, Jadwal.
Faktor lain : Kelayakan organisasi, Kemungkinan permodalan, Tingkat
kompetisi produk, Harga sistem. Untuk tahap ini harus dilakukan seobyektif
mungkin agar hasilnya tidak bias.
- Tahap Perancangan E-Business
- Fase
pemahaman kriteria kebutuhan sistem.
- Selain
memperhatikan rekomendasi kelayakan, perlu memperhatikan :
- Kebutuhan
Perusahaan
- Kebutuhan
Operator
- Kebutuhan
Teknis
- Tahap Pemaparan E-Business
- Tahap
ini merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan rancangan yang
telah disusun sebelumnya agar dapat diwujudnyatakan
- Implementasi
untuk prosedur di dalam teknologi komputer akan menggunakan bahasa
komputer
- Sementara
itu, untuk proses yang terdapat di luar sistem komputer, disusunlah sebuah
konvensi atau perjanjian atau tata tertib, agar setiap orang yang terlibat
dapat mengikuti alur yang telah ditetapkan
- Untuk
merealisasikan sistem pada tahap pemaparan ini, ditempuh beberapa metode,
antara lain, penggunaan paket aplikasi, pengembangan oleh staf sendiri
(insourcing), dan pengembangnan yang dilakukan dengan kerjasama dari pihak
luar seperti konsultan atau software house (outsourcing)
Faktor yang menyebabkan Kegagalan E-Business
- Sering
orang memandang SI e-Business adalah paling utama dan penting, sementara
melupakan komitmen dan konsistensi terhadap materi informasi, produk dan
respon layanan kepada konsumen.
- Antar-muka
SI e-Business sering kurang interaktif,kurang komunikatif dan kurang mudah
digunakan oleh konsumen, karena antar muka sering dibangun
berdasarkan selera pembuatnya.
- Perubahan
cara pandang, pola berbisnis, dan sistim dari tradisonal dan lokal menjadi
moderen dan global; perusahaan dan pebisnis membutuhkan waktu untuk
beradaptasi dengan perubahan tersebut
http://iniwawan.wordpress.com/2012/11/18/tahap-pembangunan-sistem-e-business/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar