PENGERTIAN B2B
BESERTA KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN
Bisnis e-commerce mulai tumbuh dengan cepat sejak tahun 1998. Pada awal
pertumbuhannya tipe bisnis ini hanya melingkupi bidang business-to-consumer
(B2C) e-commerce. Namun pada pertumbuhannya perkembangan bisnis ini mulai
melingkupi bidang business-to-business (B2B), business-to-employee (B2E), dan
gabungan dari B2b & B2C. berikut definisi-nya :
B2B (Bussines to Bussines )
B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
·
Disebut juga transaksi antar perusahaan
·
Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa,
informasi & konsultasi
·
Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
keterangan :
EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.
B2C (Bussines to Consument )
adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa.
EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.
B2C (Bussines to Consument )
adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa.
Dengan penjualan langsung di
internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya
sudah tercantum. kelebihan dari B2c adalah sebagai berikut :
·
Disebut dengan transaksi pasar
·
Konsumen m’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi
·
Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
·
Memintaagar barang dikirimkan
Keuntungan Business To Business
- Hemat waktu dan praktis menu dalam situs layakan B2B khusus hanya menyediakan kebutuhan produk pelanggan terkait, tanpa harus repot mencarinya dalam katalog produk.
- Efektif dan efisien pelanggan B2B tidak perlu melewati proses negosiasi harga yang panjang, karena sudah dilakukan pada awal kesepakatan kerja sama.
- Keuntungan besar mengurangi biaya perusahaan untuk administrasi, surat menyurat transaksi, ataupun untuk riset harga pasar.
- Rahasia aman dan terjamin, dikarenakan menggunakan tngkat keamanan yang tinggi dengan Protocol Secure Socket Layer 256 bit untuk menjaga keamanan dari pelanggan.
- Transaksi yang transparan layanan ini mendukung Good Coorporate Governance. Setiap transaksi mudah dipantau karena sistem selalu memberikan rekam jejak transaksi melalui email notifikasi kepada buyer (bagian purchasing), atasan (pemberi approval), hingga user, ataupun yang berhak mendapatkan informasi tersebut diperusahaan sesuai dengan kesepakatan. Ini meningkatkan kontrol perusahaan terhadap proses transaksi.
Kekurangan Business To Business
Business
To Businees atau B2B adalah masalah dalam jenis bisnis yang akan menyebabkan
kurangnya kemungkinan kredit. Misalnya, pemilik elektronik besar sengaja
membunuh transaksi pesaing. Penawaran publik elektronik dapat menyebabkan
sinyal harga meragukan. Proses ini sering terjadi di telepon, surat kabar, dan
pertemuan tatap muka. Tidak ada yang diberikan untuk menjamin keberhasilan model
bisnis B2B. Kebanyakan situs mengenakan biaya kecil per transaksi sebagai
persentase dari pendapatan. Alasannya adalah kompetisi. Selain itu, monopoli
dari penyedia layanan khusus dan perusahaan sedang membangun untuk sepuluh
produk sendiri platform perdagangan dan industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar